Kasasi Mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin Ditolak MA dan Tetap Jalankan Hukuman 9 Tahun Penjara.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Pebri

Kasasi Mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin Ditolak MA dan Tetap Jalankan Hukuman 9 Tahun Penjara

Rabu, 8 Februari 2023 - 09:07 WIB

Palembang - Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi dari pemohon terdakwa Alex Noerdin, terkait kasus dugaan korupsi pembangunan Masjid Sriwijaya dan PDPDE Sumsel.

Yang sebelumnya mantan Gubernur Sumsel dua periode tersebut di vonis 12 tahun penjara oleh Majelis Hakim PN Tipikor Palembang dan mengajukan banding di Pengadilan Tinggi (PT) Palembang divonis 9 tahun penjara.

Dalam putusan kasasi tersebut yang diketuai Hakim Agung tingkat kasasi pada Mahkamah Agung RI Dr H Suhadi SH MH dibantu Hakim Agung Anggota Suharto SH MHum dan Ansori SH MH hakim adhock Tipikor MA RI.

Berdasarkan berdasarkan petikan Putusan nomor 7300/l K/Pid.Sus/2022 tertanggal 22 Desember 2022, Majelis Hakim MA RI juga menolak kasasi yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel.

Terkait putusan Majelis Hakim MA, Kasi Penkum Kejati Sumsel, Mohd Radyan SH MH mengatakan dengan ditolaknya kasasi terdakwa Alex Noerdin berarti harus melaksanakan putusan Pengadilan Tinggi (PT) Palembang.

Menurutnya, tidak ada istilah inkrah dalam putusan kasasi tidak seperti putusan pengadilan tingkat pertama dan banding, sehingga putusan kasasi harus segera dilaksanakan oleh terdakwa.

Ia mengatakan, terdakwa Alex Noerdin bisa mengajukan upaya hukum lainnya berupa Peninjauan Kembali (PK).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral