Suasana di salah satu lokasi TPS di Kota Yogyakarta, Selasa (21/2).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Zero Sampah Anorganik, Pemkot Yogyakarta Perluas Penjagaan Sampah di 13 TPS

Rabu, 22 Februari 2023 - 10:20 WIB

Yogyakarta, DIY - Gerakan Zero Sampah Anorganik terus digiatkan di Kota Yogyakarta. Saat ini, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta memperluas penjagaan sampah hingga ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) mulai Februari 2023. Penjagaan itu untuk mendukung gerakan zero sampah anorganik terutama memperkuat pengurangan sampah di TPS.

Salah satunya di TPS Lempuyangan, petugas mendata identitas warga yang membuang sampah di TPS serta jumlah sampah yang dibuang. Petugas juga mengedukasi warga agar memilah sampah.

“Mencatat nama warga, alamatnya dan jumlah sampah misalnya berapa kantong plastik. Kita juga edukasi untuk memilah,” kata Triyanto petugas jaga TPS Lempuyangan ditemui, Senin (20/2/2023).

Selama penjagaan, dia pernah menemukan warga dari salah satu kabupaten di DIY yang membuang sampah di TPS Lempuyangan. Identitas itu didapat setelah dirinya bertanya kepada warga itu. Menurutnya sebagian besar warga luar kota yang membawa sampah ke TPS di kota bekerja di wilayah Kota Yogyakarta.

“Biasanya kerja di kota sambil bawa sampah buang ke sini. Kami minta untuk dibawa pulang dan tidak dibuang ke TPS di kota,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Sugeng Darmanto mengatakan setelah gerakan zero sampah anorganik diberlakukan sudah menerjunkan petugas untuk menjaga 13 depo yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Mulai Februari 2023 penjagaan ditambah sampai ke 13 depo yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta.

“Mulai Februari kita melakukan perluasan penjagaan TPS. Sebanyak 13 TPS di Kota Yogyakarta, sehingga total ada 26 depo dan TPS sudah kita jaga,” tambah Sugeng.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:01
19:40
00:44
02:52
04:19
02:01
Viral