Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menjadi inspektur upacara peringatan Hardiknas tahun 2023 di Lapangan Pemda Sleman, Selasa (2/4/2023). (ANTARA).
Sumber :
  • Antara

Hardiknas, Pemkab Sleman Prioritaskan Penguatan Pendidikan Karakter Anak

Selasa, 2 Mei 2023 - 14:51 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Dalam momentum Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas hari ini Selasa (2/5/2023), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, DIY memprioritaskan penguatan dalam pendidikan karakter anak.

Bupati Sleman Kustini SriPurnomo pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 di Lapangan Pemda Sleman,mengungkapkan hal itu untuk mempersiapkan dan membangun generasi penerus yang cerdas, berkarakter, dan berdaya saing.

"Pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan Kabupaten Sleman melalui penguatan pendidikan karakter," katanya.

Menurut dia, upaya untuk membangun generasi emas yang berakal cerdas, berkarakter dan berdaya saing tidak dapat terlepas dari pendidikan karakter sebagai pondasi dan roh utama pembangunan bangsa.

"Perlu saya ingatkan kembali pentingnya nilai-nilai pendidikan karakter yang bersumber dari lima nilai karakter utama yakni nilai religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan kegotongroyongan," katanya. 

Dengan adanya penanaman nilai-nilai karakter ini diharapkan mampu menciptakan pribadi yang tangguh, percaya diri, inklusif, penuh empati serta kreatif dan berdaya juang.

"Dalam mewujudkan upaya tersebut, kami mengimbau guru, orang tua, dan masyarakat dapat bersinergi untuk menjadi sumber kekuatan dalam memperbaiki kinerja pendidikan dan menumbuhkembangkan karakter anak," katanya.

Kustini mengatakan dengan sinergi pendidikan yang tepat diyakini dapat membangun generasi emas calon penerus estafet pembangun kemajuan Sleman di masa depan.

"Peringatan Hardiknas ini menjadi momen yang tepat untuk merefleksikan kembali bagaimana upaya untuk meningkatkan derajat pendidikan anak khususnya di Sleman melalui upaya bersama mewujudkan merdeka belajar," katanya. (Ant/Dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral