Direktur IIBF Ahmad Nur Sodik..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Sukses Turunkan Angka Kemiskinan di Kulon Progo, Program Bela Beli Ditiru Karanganyar

Rabu, 24 Mei 2023 - 10:19 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) menyebut program Bela dan Beli yang pernah diterapkan Pemkab Kulon Progo mampu menurunkan angka kemiskinan hingga 8 persen. Angka ini didapat dalam 2 tahun penerapan program Bela Beli di sana.

"Sebagaimana pernah dijalankan sebelumnya, IIBF berkolaborasi dengan Pemda Kulon Progo dalam menyukseskan program Bela dan Beli Kulon Progo yang berhasil menurunkan kemiskinan hingga 8 persen dalam dua tahun implementasinya," kata Direktur IIBF, Ahmad Nur Sodik dalam keterangan tertulis, Rabu (24/5/2203).

Seperti diketahui, program Bela dan Beli adalah gerakan membela produk lokal sekaligus membelinya. Program ini telah sukses dijalankan di Kabupaten Kulon Progo untuk membantu produk UMKM agar bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Menurut Sodik, kesuksesan program ini ternyata menjadi inspirasi daerah lain untuk mengikutinya. Salah satunya datang dari Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Bahkan, DPRD Kabupaten Karanganyar sudah mengusulkan program ini untuk masuk dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Sodik sendiri sangat mendukung inisiatif dalam Raperda tersebut.

"IIBF mendukung inisiatif ini. Karena pemulihan ekonomi nasional harus dimulai dari tingkat lokal dan dengan mendorong kesadaran masyarakat untuk memprioritaskan produk-produk dalam negeri," ujarnya.

Dijelaskan Sodik, Raperda Bela Beli Karanganyar memiliki tujuan utama untuk memprioritaskan produk-produk anak bangsa dalam pembelian dan pengadaan oleh pemerintah daerah, perusahaan, dan masyarakat umum. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral