Gerakan Beli Indonesia DIY..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Tumbuhkan Sektor UMKM, DIY Didorong Miliki Perda Bela Produk Lokal

Selasa, 6 Juni 2023 - 08:51 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Banyak cara bisa dilakukan untuk menumbuhkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satunya lewat Peraturan Daerah atau Perda yang membela produk lokal.

Koordinator Gerakan Beli Indonesia wilayah DIY, Mukhlis Hari Nugroho mendorong Yogyakarta memiliki Perda yang membela produk lokal.

"Dengan memiliki Perda itu UMKM lokal akan tumbuh. Di samping itu, akan serta menambah lapangan kerja baru," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (5/6/2023).

Dijelaskan Mukhlis, sudah saatnya DIY memiliki Perda untuk menumbuh kembangkan produk lokal. Seperti yang telah digaungkan Gerakan Beli Indonesia sejak tahun 2011.

Gerakan tersebut sejatinya merupakan gerakan membangun karakter bangsa dan leadership kepemimpinan. Dengan menggunakan produk UMKM lokal, sama artinya membela serta membangkitkan perekonomian sekitar.

"Dengan membela dan membeli produk Yogya secara otomatis UMKM di Yogya akan tumbuh," ujarnya.

Mukhlis mencontohkan, ada beberapa dampak positif jika DIY memiliki Perda yang membela produk lokal. Antara lain, angka pengangguran berkurang, angka kemiskinan turun, serta menumbuhkan jiwa nasionalisme dan jiwa korsa terhadap produk lokal Yogya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral