Sapi Kurban dari Presiden Joko Widodo diterima Pemerintah DIY..
Sumber :
  • tvOnenews - Nuryanto

DIY Terima Sapi Aberdeen Angus Seberat 1.030 Kg dari Presiden RI

Rabu, 28 Juni 2023 - 20:24 WIB

tvOnenews.com – Sebanyak satu ekor sapi dari Presiden Republik Indonesia, dan total sembilan ekor sapi dari Gubernur/Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah dibagikan kepada 5 kabupaten/kota se-DIY dalam agenda Penyerahan Hewan Kurban Idul Adha 1444 Hijriah dari Presiden Republik Indonesia dan Gubernur/Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa pagi (27/06).

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini,  atas nama Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta kami menyampaikan satu ekor sapi dari Presiden Republik Indonesia, dan total sembilan ekor sapi dari Gubernur/Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta,” ungkap Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, Djarot Margiantoro membacakan sambutan Gubernur DIY, di Bangsal Wiyata Praja, Komplek Kepatihan.

Sapi-sapi kurban tersebut diharapkan akan bermanfaat bagi masyarakat. Islam memasukkan dua nilai penting dalam ibadah Qurban ini, yaitu: nilai historis berupa kejadian atau peristiwa penggantian kurban nabi Ibrahim terhadap putranya Ismail dengan seekor domba, dan nilai kemanusiaan berupa pemberian makan dan membantu fakir miskin pada saat hari raya. 

“Hari raya Idul Adha atau sering pula disebut hari raya kurban, disitulah kita dapat menyaksikan orang-orang yang mampu untuk berkurban berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu. Daging kurban yang dibagi-bagikan tentu banyak manfaatnya,” ungkap Djarot.

Sapi dari Presiden RI berjenis Angus atau Aberdeen Angus dengan bobot 1.030 Kg dan berusia 3,5 tahun. Sapi angus berasal dari dataran tinggi Skotlandia dan memiliki ciri khas bulu keriting berwarna hitam, tidak memiliki punuk dan tidak memiliki tanduk. Jenis sapi ini memiliki kelebihan masa pertumbuhan yang cepat, mutu karkas yang tinggi dan umur pemotongan yang tidak lama. Pemilik sapi, M. Badar Kurniawan menyebutkan sapi yang berasal dari Kutu Tegal, Sinduadi, Mlati, Sleman tersebut dibeli dengan harga Rp 107.500.000.

"Dari Dinas tidak ada spesifikasi khusus. Pertama dari Puskeswan mencari sapi-sapi yang masuk kriteria Bapak Presiden, kemudian dimasukan ke Provinsi, kayak audisi gitu. Kemudian dari BB Vet dan provinsi kunjungan untuk mengambil sampel, keluar hasil labnya dinyatakan sehat. Kemudian kami dikonfirmasi lagi bahwa sapinya sehat dan akan dilaporkan kepada Sekretariat Presiden," terang Badar menceritakan alur pemilihan sapi Presiden RI.

Daftar masjid penerima sapi adalah sebagai berikut: Sapi Presiden RI untuk Masjid Al Falaq (Singkil, Tepus, Gunungkidul); sapi Gubernur DIY untuk Kagungan Dalem Masjid Gedhe, Masjid Nurul Haq (Sumberarum, Moyudan, Sleman), Masjid Pangeran Diponegoro (Kota Yogyakarta), Masjid Al Furqon (Banjaran, Girimulyo, Kulon Progo), Masjid Al Ma'ruf (Candi, Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul) dan Masjid Baiturrahman (Krinjing, Selopamioro, Imogiri, Bantul); Sapi Wakil Gubernur DIY untuk Masjid Puro Pakualaman.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral