harga telur meroket.
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Jelang Tahun Baru Islam, Harga Telur dan Daging Ayam di Yogyakarta Meroket

Jumat, 14 Juli 2023 - 20:45 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Warga Yogyakarta tampaknya masih harus menghadapi harga-harga kebutuhan pokok yang terus naik. Sejak sepekan terkahir, atau menjelang perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam yang jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023 nanti, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional kembali meningkat.

Di pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, kenaikan harga terjadi pada telur ayam dan daging ayam broiler. Menurut salah satu pedagang, Subur, harga telur dan daging ayam di Pasar Beringharjo terus mengalami lonjakan yang cukup drastis. 

" Ya sepekan terkahir harga dua komoditas yakni telur dan daging ayam broiler mengalami kenaikan tajam. Harga telur dari 28 ribu rupiah per kilo kini menjadi 32 ribu rupiah. Sementara kalau daging ayam broiller mengalami kenaikan secara bertahap dari 26 ribu rupiah mejadi sekarang 36 ribu rupiah per kilogram," jelas Subur.

Menurutnya, kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut juga dipengaruhi tingkat kebutuhan masyarakat terutama menjelang banyak hajatan hingga perayaan 1 Muharam nanti.

Namun berbeda dari harga tekur dan daging ayam, sejumlah komoditas sayur mayur di pasar Beringharjo justru mengalami penurunan.

Menurut Habibah, pedagang sayur, harga sayur mayur sudah mengalami penurunan sejak 4 hari ini.

"Cabe rawit di pekan lalu kisaran 50 ribu, menjadi 25 ribu rupiah per kilo, terus cabe keriting diharga 28 ribu per kilo. Untuk mentimun pada 3 hari lalu harganya 14 ribu kini menjadi 8 ribu rupiah. Tomat dari 14 ribu turun menjadi 12 ribu rupiah," jelas Habibah.

Selain itu harga Bawang Merah dikisaran harga 25 ribu rupiah atau turun dari harga 38 ribu rupiah.

Para pedagang berharap menjelang 1 Muharam pasokan barang kebutuhan di lasaran tetap aman dan stok mencukupi. (nur/buz) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral