Pertemuan dokter hewan se-Indonesia, Kamis (17/8/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Tangani Wabah Penyakit Ternak, Dokter Hewan Se-Indonesia Susun Modul Bersama

Kamis, 17 Agustus 2023 - 22:27 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Para dokter hewan yang tergabung dalam Asosiasi Fakultas Kedokteran Hewan Indonesia (AFKHI) bersama para pemangku kepentingan lainnya, berkumpul untuk membahas penanganan wabah penyakit hewan, terutama pada ternak.

Mereka sepakat untuk menyusun modul pelatihan dan model penguatan pembelajaran mahasiswa kedokteran hewan yang implementatif di lapangan.

Modul ini nantinya akan digunakan untuk meningkatan kapasitas tenaga teknis garda depan untuk prevensi, mitigasi, dan penanganan wabah penyakit ternak pada sektor peternakan sapi Indonesia.

Ketua AFKHI yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta , Teguh Budipitojo mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan perwujudan dari kontribusi perguruan tinggi kedokteran hewan Indonesia dalam menghadapi berbagai wabah penyakit hewan, yang dalam lima tahun terakhir muncul secara berurutan.

"Baik itu penyakit infeksi baru (emerging diseases) maupun penyakit infeksi lama yang muncul kembali (re-emerging diseases)" kata Teguh Budipitojo dalam keterangan tertulis, Kamis, (17/8/2023).

Dijelaskan Teguh, FKH UGM memandang perlu untuk mengambil peran memenuhi tujuan 2 pembangunan berkelanjutan dengan mengkoordinir semua potensi fakultas kedokteran hewan di seluruh Indonesia dalam berkontribusi menghadapi wabah tersebut.

Salah satu caranya melalui pelatihan peningkatan kapasitas tenaga teknis garda depan di 8 provinsi dan penguatan pembelajaran mahasiswa kedokteran hewan di 11 FKH seluruh Indonesia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral