Para petani bersama BAZNAS RI saat panen raya bawang merah..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Kekeringan, Petani di Sleman Tetap Bisa Panen Bawang Merah

Selasa, 12 September 2023 - 12:21 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Di tengah bencana kekeringan yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia, para petani di Sleman, Yogyakarta justru berhasil melakukan panen raya bawang merah. Salah satunya para petani di Dusun Gombang, Tirtoadi, Mlati.

Yuli, salah seorang petani menyampaikan pihaknya tetap bisa panen karena sawahnya bisa teraliri air dari Selokan Mataram.

"Memang untuk daerah-daerah lain kemarau panjang seperti ini kesulitan air, mau nanam apapun kemungkinan kesusahan. Tapi di sini kita mendapat berkah dari Selokan Mataram sehingga bisa panen," ujarnya.

Para petani berhasil panen bawang merah di lahan seluas 4,4 hektare yang dikelola oleh 50 kepala keluarga (KK). Mereka merupakan para petani binaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI.

"Karena ini baru pertama kali para petani di sini menanam bawang, dan Alhamdulillah hasilnya bagus. Nah ini HPP-nya juga cukup efisien, produktivitasnya cukup baik," kata Saidah Sakwan, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan.

Setelah berhasil panen raya, Saidah menyatakan akan segera memikirkan offtaker atau penyalur yang akan membelinya. Hal ini penting agar para petani tidak kesulitan menjual hasil panen.

"Yang kemudian kita pikirkan adalah offtaker-nya, berapa harga jual yang itu menguntungkan buat petani," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:01
06:13
08:31
03:29
04:25
01:50
Viral