Merapi Kopi Festival 2023.
Sumber :
  • tim tvOne - Andri Prasetiyo

Merapi Kopi Festival, Ajang Promosi Kopi Lokal Khas Lereng Merapi

Minggu, 29 Oktober 2023 - 11:41 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Sebuah festival kopi dengan tajuk Merapi Kopi Festival digelar di Merapi Garden, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman pada akhir pekan ini. Di sini, digelar beragam kegiatan yang berhubungan dengan kopi khas lereng Merapi.

Lurah Umbulharjo, Danang Sulistya Haryana mengatakan, Merapi Kopi Festival merupakan ajang mengenalkan kopi lokal khas Merapi kepada masyarakat sekaligus menggeliatkan petani kopi di wilayahnya.

"Kopi Merapi Festival ini kita jalankan bersama teman-teman UMKM. Ini merupakan festival kopi pertama yang digelar tahun ini," terangnya. 

Dalam festival ini, lanjut Danang, juga digelar berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kopi, mulai dari lomba tester kopi, fun camp bersama komunitas kopi nusantara, kunjungan ke kebun kopi, hingga minum kopi bersama langsung dari hasil kebun kopi petani.

Adapun jenis kopi yang ditanam di kawasan lereng Merapi adalah Robusta dan Arabika. Namun, untuk saat ini, para petani sedang menanam kopi jenis Robusta.

"Saat ini, ada 7.000 bibit kopi jenis Robusta yang kita tanam. Kurang lebih sekitar 2-3 tahun baru bisa panen," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengapresiasi digelarnya Merapi Kopi Festival. Menurutnya, ajang ini bisa digunakan sebagai sarana promosi kopi hasil petani lokal lereng Merapi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:20
01:09
02:07
03:49
01:14
08:35
Viral