suasana deklarasi Suara Pemuda untuk Indonesia Emas 2045 yang digelar di Yogyakarta, Sabtu (28/10).
Sumber :
  • tim tvOne - Nuryanto

Deklarasi Suara Pemuda untuk Indonesia Emas 2045, Menjaga Semangat Pluralisme Menghargai Keragaman Pilihan untuk NKRI

Minggu, 29 Oktober 2023 - 12:16 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Momen Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober dimanfaatkan berbagai komunitas pemuda, mahasiswa dan pelajar dari berbagai daerah yang ada di Yogyakarta dengan menggelar Deklarasi Suara Pemuda Untuk Indonesia Emas 2045.  Deklarasi pemuda ini diinisiasi oleh YLabs Institute bersama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dan bertujuan menjaga semangat pluralisme yang menghargai keberagaman pilihan untuk NKRI. 


Menurut founder YLabs Institute, Nindi Kusuma, menghadapi tahun politik dan pesta demokrasi yang sudah di depan mata, ada persoalan utama yang tengah dihadapi oleh generasi muda, yaitu banyaknya anak muda yang apatis atau ogah-ogahan untuk terlibat dan berperan aktif dalam Pemilu 2024.


"Di tahun politik, kita sudah dengar bahwa keresahan pemuda sekarang itu banyak sekali yang apatis, sehingga harus ditemukan suatu gagasan dari kelompok pemuda itu supaya mereka ga apatis itu butuh apa? Makanya suara pemuda harus bisa menangkap dan melibatkan mereka," pungkasnya.

Nindi menyebutkan, Deklarasi Suara Pemuda ini dilakukan untuk mengeksplorasi gagasan pemuda di wilayah DIY dan mewujudkan Indonesia Emas 2045. 


"Kalau misalnya kita berharap kualitas kebijakan kita tepat sasaran dan juga sesuai dengan harapan semua orang, terutama aktor kita yang pemuda, kita harus memastikan bahwa pemuda itu kita akomodasi suaranya. Caranya selain kita bertumpu pada FGD dan rapat, juga pakai mekanisme yang lain, yaitu lewat gathering dan platform Open Innovation," jelasnya.

Selain melakukan deklarasi, komunitas pemuda ini juga menggelar FGD, workshop hingga talkshow membahas tantangan dan peluang Indonesia Emas 2045 dalam peringatan Sumpah Pemuda tahun ini. (Nur/Ard) 



 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
Viral