Kepala BPS DIY, Herum Fajarwati menyampaikan kondisi pertumbuhan ekonomi di DIY..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Begini Penjelasan BPS Terkait Dampak Kenaikan Upah Minimum 2024 di DIY

Jumat, 1 Desember 2023 - 14:46 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah mengumumkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 2024.

Dengan adanya kenaikan upah minimum tersebut diprediksi akan mempengaruhi kondisi perekonomian di DIY.

Kepala BPS DIY, Herum Fajarwati menyampaikan, kenaikan upah minimum bagi pekerja/buruh di DIY diharapkan bisa mengimbangi kenaikan inflasi di DIY. Sehingga kesejahteraan tetap terjaga walaupun terjadi inflasi.

"Dengan kenaikan upah minimum tahun ini, ada 2 hal konsekuensi yang akan terjadi tahun depan (2024). Kita memprediksi banyak faktor. Dampaknya hasil catatan dari segi inflasi bagaimana," ucap Herum, Jumat (1/12/2023).

Dikatakannya, imbas kenaikan upah minimum akan menimbulkan spekulan untuk menaikkan harga. Juga pelaku bisnis harus menaikkan hasil produksi untuk mengimbangi biaya yang digunakan untuk menggaji pegawai. Sehingga tidak mustahil harga barang dari pelaku bisnis akan naik.

Dengan kenaikan tersebut, pelaku usaha akan bersimulasi dengan kenaikan upah untuk menaikkaan harga produk atau tidak. Disisi lain, jika ada kenaikan produk akan terjadi inflasi.

"Saling ada keterkaitan antara suplai demand termasuk cost atau biaya untuk produksi suatu barang," kata Herum.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral