Anggota Bawaslu DIY Umi Illiyina..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Bawaslu DIY Temukan 40 Spanduk Berisi Isu Negatif Pemilu 2024

Jumat, 8 Desember 2023 - 16:47 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY menemukan sedikitnya 40 alat peraga kampanye (APK) yang berisi isu negatif Pemilu 2024. Puluhan APK tersebut berbentuk spanduk yang dipasang di banyak titik di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta.

"Jadi APK isu-isu negatif ini sudah mulai ada potensi yang muncul. Kemarin di Sleman sudah kita petakan ada 22 titik, dan di Kota (Yogyakarta) ada 18 titik," kata Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu DIY, Umi Illiyina di sela acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Indoluxe Hotel, Sleman, Jumat (8/12/2023).

Umi menjelaskan, temuan APK bernarasi isu negatif tersebut awalnya berasal dari informasi masyarakat. Pihaknya kemudian menelusuri dan memetakan di titik-titik yang terpasang spanduk.

Bawaslu DIY lalu melakukan kajian terhadap potensi kerawanan Pemilu. Selanjutnya, Bawaslu DIY merekomendasikan kepada Satpol PP DIY untuk ditertibkan.

"Kita langsung berkoordinasi dengan Satpol PP untuk diturunkan karena itu berpotensi untuk memantik keresahan di masyarakat," ungkapnya.

Namun Umi enggan menjelaskan lebih detil terkait isi dari APK isu negatif tersebut. Termasuk apakah berkaitan dengan Caleg, Capres, atau partai politik tertentu.

Umi juga tidak mau menyampaikan apakah APK berisi isu negatif itu yang salah satunya sempat terpasang di jalan menuju rumah Erina Gudono di kawasan Purwosari, Mlati, Sleman.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral