Kepala Subdirektorat Kerja Sama Dalam Negeri, Johan Syafri Mahathir Ahmad (kiri) dan Sekretariat Universitas UGM, Andi Sandi (kanan)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sri Cahyani Putri

Difasilitasi Kampus, Puluhan Mahasiswa FEB UGM Gunakan Pinjol Untuk Bayar UKT

Jumat, 2 Februari 2024 - 14:02 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Selain Institut Teknologi Bandung (ITB), rupanya Universitas Gadjah Mada (UGM) juga menjalin kerjasama dengan penyedia jasa pinjaman online (Pinjol) Danacita untuk pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Hingga saat ini, tercatat ada 33 mahasiswa UGM yang memanfaatkan fasilitas tersebut.

Kendati demikian, UGM tidak mewajibkan penggunaan danacita untuk pembayaran kuliah bagi seluruh mahasiswa melainkan jadi opsi yang terakhir.

"Penggunaan danacita opsi yang terakhir bukan suatu yang wajib mahasiswa," kata Andi Sandi, Sekretariat Universitas UGM ditemui, Jumat (2/1/2024).

Ia menjelaskan, 33 mahasiswa UGM yang menggunakan danacita sebagian besar adalah mahasiswa dari pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Rata-rata, mereka juga sudah bekerja sehingga bisa mengatur beban dan penghasilan yang mereka hasilkan.

Nota kesepakatan antara FEB UGM dan Danacita pun dimulai per Agustus 2022.

Hingga hari ini, UGM belum melihat adanya kendala dalam pelaksanaan kerjasama. Sebab, proses seleksi orang itu memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman dari Danacita tidak seperti perusahaan fintech peer to peer landing pada umumnya antara pemberi jasa dengan kostumer namun juga seleksi di tingkat fakultas.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral