Juru bicara penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkab Kulon Progo Siapkan Lokasi Karantina

Selasa, 18 Januari 2022 - 18:57 WIB

Kulon Progo, DIY - Memasuki pertengangan bulan Januari 2022 kasus penularan Covid-19 di Kulon Progo mengalami peningkatan di banding bulan sebelumnya, peningkatan ini disikapi serius oleh Pemkab Kulon Progo. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 setempat bahkan mendorong agar tiap kalurahan memperketat pengawasan dan menyiapkan tempat karantina khusus bagi pendatang

Juru bicara penanganan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan, pihaknya mencatat ada penambahan kasus positif sebanyak lima kasus. Sehingga saat ini total ada sebanyak 26 kasus aktif di Kulon Progo.

Kesemua kasus tersebut diketahui merupakan kasus dengan gejala ringan dan hanya perawatan isolasi mandiri.

Dari hasil tracing gugus tugas diketahui mayoritas kasus penularan di Kulon Progo bermula dari kunjungan tamu dari luar kota ke salah satu kediaman warga. Kemudian berkontak dengan warga lain hingga membentuk sebuah klaster penularan.  

Sementara terkait dengan varian virus di Kulon progo, Juru Bicara Gugus Tugas itu belum dapat membeberkan varian virus yang ditularkan. Namun demikian, ia memastikan virus tersebut bukan varian Omicron karena sampai saat ini belum ada laporan varian itu masuk ke wilayah Yogyakarta.

"Sampai hari ini belum ada penularannya (varian Omicron) di wilayah Jogjakarta karena memang tidak ada jalur langsung dengan luar negeri. Namun kami himbau masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan," ujar Baning, Selasa (18/1/2022) 

Sementara wakil bupati sekaligus ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo Fajar Gegana mengatakan, pengetatan hingga tingkat kalurahan itu penting dilakukan untuk menyikapi tingginya kasus di awal tahun ini. Di bulan Januari ini saja gugus tugas mencatat sudah ada 26 kasus yang terjadi pasca libur natal dan tahun baru kemarin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral