Rencana Ibu Kota Negara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Dok Nyoman Suarta)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Kampus di Yogyakarta Siap Ekspansi ke IKN, Sanata Dharma yang Pertama

Selasa, 22 Februari 2022 - 08:59 WIB

Sleman, DIY - Ibu kota negara (IKN) yang baru di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, ternyata menarik minat lembaga pendidikan untuk ikut hadir di sana. Universitas Sanata Dharma (USD) akan menjadi kampus pertama asal Yogyakarta yang ekspansi ke IKN.

"Ya benar adanya (bangun kampus di IKN). Dan ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang Yayasan Sanata Dharma untuk terus terlibat mengembangkan Indonesia dengan menggunakan momentum pengembangan IKN," ujar Rektor Universitas Sanata Dharma Johanes Eka Priyatma saat dihubungi wartawan, Senin (21/2/2022).

Eka menjelaskan, pengembangan IKN menjadi kesempatan berharga untuk menggagas Indonesia dalam memaknai perspektif yang berbeda. Perspektif yang dimaksud adalah negara besar yang ditempatkan dalam satu pulau besar Kalimantan dan bisa membebaskan diri dari kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik serta bisa menggelorakan banyak pihak.

"Dan kami ingin terlibat sejak awal menjadi bagian dari pergulatan itu. Sudah dua tahun ini kami terus memikirkan dan mencari cara untuk bisa hadir di sana," katanya.

Sebagai langkah nyata, pihaknya sudah melakukan diskusi dan audiensi dengan pemerintah PPU di sana pada Kamis (17/2/2022) pekan lalu. Eka bersama jajaran juga sudah menyampaikan gagasan tersebut kepada uskup di Samarinda.

"Dan telah kami sampaikan gagasan kami, presentasi rencana kami, pada dasarnya dari Kabupaten (PPU) dan beberapa pihak terkait menopang, menyetujui, dan mendukung karena pak bupati dan beberapa pejabat terkait menyadari salah satu persoalan dalam pengembangan kawasan di sana adalah kompetensi sumber daya manusia yang harus terus ditingkatkan dan Sanata Dharma mempunyai dalam arti tertentu keberdayaan untuk membantu semua pihak di sana," urainya.

Lebih lanjut Eka menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan dua lahan yang salah satunya berada di dekat Kota Balikpapan. Lahan ini akan digunakan sementara untuk kantor.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral