Truk yang terjebak banjir lahar dingin (Istimewa)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Banjir Lahar Dingin Gunung Merapi, Satu Truk Penambang Pasir Hanyut

Selasa, 19 April 2022 - 15:53 WIB

Sleman, DIY - Banjir lahar dingin Gunung Merapi menerjang Sungai Gendol di Kapanewon Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Selasa (19/4/2022). Akibat peristiwa ini, satu truk penambang pasir hanyut tersapu aliran lahar hujan.

Kepala Pelaksana BPBD Sleman Makwan mengatakan, banjir lahar dingin Gunung Merapi terjadi sekitar pukul 11.30 WIB.

"Dampaknya ada satu truk yang terjebak kemudian membesar alirannya sehingga truknya ini tertimbun lebih dari separuh dari kondisi awal," katanya Selasa, (19/4/2022).

Makwan menjelaskan, banjir lahar dingin terjadi akibat hujan cukup deras di puncak Merapi yang berlangsung lebih dari satu jam. Saat hujan turun, BMKG dan BPPTKG Yogyakarta sebenarnya sudah mengeluarkan peringatan dini.

Kemudian, sejumlah alat berat dan truk penambang langsung mengevakuasi diri naik ke atas. Namun ada satu truk yang tidak mengindahkan peringatan hingga akhirnya terjebak banjir lahar hujan.

"Setelah diberitahukan bahwa puncak itu hujan untuk segera naik tidak dipatuhi, maka dia masih berharap ada kesempatan untuk mengisi penuh truknya karena kebetulan truk ini diisi secara manual," terang Makwan.

Menurutnya, truk yang terjebak ini berada di Dusun Kopeng, perbatasan antara Kalurahan Glagaharjo dengan Kepuharjo, Cangkringan. Jaraknya sekitar 9 kilometer dari puncak Merapi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
07:09
02:26
00:58
Viral