Jibom Gegana Sisir Rumah Bekas Ledakan Mercon di Sleman (22/4/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Sisir Rumah Ledakan Petasan, Jibom Temukan Bahan Peledak Berbahaya

Jumat, 22 April 2022 - 13:54 WIB

Sleman, DIY - Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Brimob Polda DIY melakukan penyisiran di lokasi bekas ledakan bahan baku petasan di Dusun Plosokuning, Minomartani, Ngaglik, Sleman. Petugas menemukan sejumlah bahan kimia berbahaya.

"Kita temukan di lokasi ledakan, ada tiga bahan dasar. Satu itu ada sulfur, kemudian ada unsur clorate, kemudian ada unsur bubuk arangnya. Jadi ada tiga bahan itu, sementara sudah kita amankan," kata Wakil Komandan Detasemen Gegana Satbrimob Polda DIY, AKP Suripto di lokasi kejadian, Jumat (22/4/2022).

Dijelaskan Suripto, ketiga bahan ini sangat berbahaya sekali jika dicampur menjadi satu. Bahkan bisa masuk kategori bahan peledak meskipun dengan kekuatan rendah atau low explosive.

"Ketiga bahan tadi ketika diramu, diracik dengan perbandingan yang sesuai akan menghasilkan low explosive," terangnya.

Meskipun low explosive, tapi Suripto menjelaskan bahan peledak ini sangat berbahaya. Sebab sifat dari low explosive itu disebutnya sangat peka sekali.

Bahan peledak jika telah dicampur dan terkena gesekan ataupun panas, maka akan berubah secara kimiawi lalu membentuk zat lain. Perubahan tersebut bahkan cepat sekali disertai efek panas, tekanan, dan suara yang tinggi.

Meski demikian, Suripto belum bisa memastikan penyebab dari ledakan di rumah tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:10
02:17
01:21
01:11
02:02
02:06
Viral