Hendy bersama sapi Abimanyu yang dipesan Presiden Jokowi untuk kurban..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetyo

Sapi Ukuran Jumbo Milik Anak Yatim di Sleman Dipesan Presiden Jokowi untuk Kurban

Rabu, 22 Juni 2022 - 16:35 WIB

Sleman, DIY - Seekor sapi milik warga lereng Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta, menjadi salah satu hewan yang dipesan Presiden Joko Widodo untuk disembelih saat Hari Raya Idul Adha 2022. Sapi bernama Abimanyu tersebut sehari-hari dipelihara seorang pelajar sekolah menengah pertama (SMP) yang juga anak yatim.

Adalah Hendy Oktri Pamungkas (14), remaja yang memelihara sapi tersebut bersama ibunya, Siti Kusmiatun (59). Keduanya tak menyangka sapi yang telah mereka pelihara sekitar 2 tahun itu akan dibeli Presiden Jokowi.

Ditemui di kandangnya Dusun Rejosari, Argomulyo, Cangkringan, Sleman, Siti bercerita sejak awal hingga akhirnya sapi milik anaknya yang dipilih presiden. Awalnya ia mencoba peruntungan dengan mengikuti seleksi sapi kurban Presiden Jokowi.

Ia harus bersaing dengan 11 sapi lain di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kemudian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY melakukan survei dan memeriksa terkait kelayakan serta kesehatan Abimanyu. 

"Saya sebenarnya juga pesimis soalnya pesertanya banyak tapi pokoknya semangat aja deh. Mudah-mudahan Yang Kuasa bisa mengabulkan permohonan kita, mudah-mudahan masuk seleksi, ternyata Alhamdulillah lolos," kata Siti, Rabu (22/6/2022).

Siti menjelaskan, sapi miliknya berumur sekitar 3 tahun dan memiliki berat 850 kilogram. Sapi berjenis PO (Peranakan Ongole) tersebut memiliki panjang 144 cm, lingkar dada 205 cm dan tinggi pundak mencapai 150 cm.

Sekitar tiga bulan lalu, sapi tersebut baru berbobot sekitar 718 kg. Siti kemudian membawa Abimanyu ke Bengkel Sapi Kalijeruk untuk penggemukan dan hasilnya luar biasa.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral