Upacara memperingati HUT RI ke 77 di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 77 ala Pelaku Wisata di Lereng Gunung Merapi

Rabu, 17 Agustus 2022 - 21:50 WIB

Sleman, DIY - Upacara memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 digelar di berbagai penjuru nusantara. Tak terkecuali para pelaku wisata di kawasan lereng Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta.

Ratusan pelaku wisata dari 23 komunitas di Kaliurang, mengikuti jalannya upacara bendera. Mereka mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Upacara digelar di arena wisata Nawang Jagad yang berada di kawasan Kaliurang Barat. Bertindak sebagai inspektur upacara, PLT Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Suparmono yang mengenakan pakaian adat dari Nusa Tenggara Timur.

"Jadi dengan ada acara ini sepertinya kita ingin seluruh komunitas pelaku pariwisata di Kaliurang ini bisa lebih solid, lebih kompak dalam memanjakan wisatawan untuk berwisata di kawasan wisata Kaliurang," kata Suparmono, Rabu (17/8/2022).

Pram, sapaan akrabnya menjelaskan, dipilihnya Nawang Jagad sebagai lokasi upacara karena memiliki pemandangan indah berlatar belakang Gunung Merapi. Objek wisata alam ini juga merupakan destinasi baru di kawasan lereng Merapi.

"Hari ini upacaranya kita adakan di Nawang Jagad ini destinasi baru, objek baru yang ada di Kaliurang. View-nya bagus karena kita langsung melihat Merapi dan memang perbukitan ini bagus untuk camping dan sebagainya," ujarnya.

Ketua Forum Masyarakat Kaliurang, Farchan Hariem mengatakan, digelarnya upacara 17-an oleh para pelaku wisata ini sekaligus menandai bangkitnya sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral