Edu wisata pembatik cilik di Dusun Gunting Gilangharjo, Pandak, Bantul, Yogyakarta, Kamis ( 1/9/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Edu Wisata Pembatik Cilik di Gilangharjo Bantul, Ciptakan Pembatik Masa Depan

Jumat, 2 September 2022 - 10:14 WIB

Bantul, DIY - Kabupaten Bantul, Yogyakarta, memiliki banyak pembatik yang selama ini menjadi tulang punggung kerajinan batik. Sebagian besar pembatik berusia di atas 50 tahun bahkan banyak yang sudah lanjut usia.

Guna melestarikan batik di masa mendatang diperlukan upaya regendrasi pembatik yang akan meletarikan dan mengembangkan batik di masa mendatang.

Untuk tujuan tersebut, Padukuhan Gunting, Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Bantul meluncurkan program Edu Wisata Pembatik Cilik, Kamis (1/9/2022). Program ini untuk menjawab keprihatinan terhadap regenerasi batik yang saat ini mulai punah. 

Kepala Dukuh Gunting Tumilan mengatakan, program Edu Wisata Pembatik Cilik merupakan salah satu upaya untuk memperbanyak generasi pembatik masa depan. Padukuhan Gunting selama ini dikenal sebagai salah satu kampung dan sentra batik di Kabupaten Bantul.

 “Kami mencoba mencetak generasi penerus yang akan melestarikan batik dimasa datang. Oleh karena itu selain di sekolah ada pelajaran membatik namun kami juga membuat wadah untuk lebih mendalami batik. Sebab alokasi waktu di sekolah tidak banyak sehingga perlu penambahan waktu dan tempat dan kami menyediakan," ungkap Tumilan, Kamis (1/9/2022).

Tumilan menambahkan  regenerasi pembatik menjadi salah satu hal yang penting dalam upaya melestarikan batik kedepan. Pada acara launching Edu Wisata Pembatik Cilik sudah terdaftar 320 siswa SD, SMP dan SMA yang mengikuti pekatihan membatik.

Sementara itu jumlah pembatik di Padukuhan Gunting tinggal 50 orang padahal awalnya jumlahnya mencapai ratusan. Padukuhan Gunting merupakan sentra batik tertua di Bantul.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
10:35
15:44
01:26
01:56
06:26
Viral