Bus AKAP di Terminal Dhaksinarga Wonosari, Gunungkidul..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Imbas Naiknya Harga BBM, Tiket Bus AKAP di Gunungkidul Naik 10 Persen

Selasa, 6 September 2022 - 12:43 WIB

Gunungkidul, DIY - Dengan telah ditetapkannya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi oleh pemerintah, juga berdampak langsung pada sektor moda transportasi darat. Salah satunya adalah naiknya harga tiket perjalanan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto, naiknya harga BBM khususnya solar, memaksa perusahaan angkutan bus menaikkan harga tiket hingga sekitar 10 persen. 

"Informasi yang masuk ke kami, sampai saat ini Perusahaan Otobus (PO) menaikkan harga tiket sekitar 10 persen," kata Rakhmadian, Selasa (6/9/2022).

Harga tiket bus AKAP tujuan Jabodetabek misalnya. Jika sebelumnya di kisaran Rp 210 ribu per tiket, kini dijual dengan harga Rp 230 ribu untuk satu kali perjalanan/pemberangkatan, atau terjadi kenaikan Rp 20 ribu. 

Menurut Rakhmadian, kenaikan harga ini sudah diatur oleh masing-masing pengelola PO. Sementara itu, sebagian besar rute perjalanan bus AKAP dari Gunungkidul, mengambil tujuan Jabodetabek.

"Karena Organda (Organisasi Angkutan Darat) belum ada informasi lebih lanjut, maka untuk sementara harga ditentukan oleh masing-masing PO," ungkapnya. 

Terkait hal tersebut, Rakhmadian mengatakan pihaknya akan segera mengatur pertemuan dengan Organda dan pengelola bus AKAP, khususnya dalam menyikapi naiknya harga tiket sebagai imbas naiknya harga BBM subsidi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral