Tim dokter RSUP Dr. Sardjito YOgyakarta.
Sumber :
  • Istimewa

Alhamdulillah, 4 Pasien Gagal Ginjal di RSUP Sardjito Dinyatakan Sembuh

Rabu, 26 Oktober 2022 - 08:09 WIB

Sleman, DIY - Sebanyak 4 orang pasien gagal ginjal akut yang dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, dinyatakan sembuh. Mereka sebelumnya didiagnosis mengalami gangguan ginjal akut progresif atipikal atau Acute Kidney Injuri (AKI).

"RSUP Dr Sardjito saat ini yang kami laporkan ada 13 pasien dengan yang sembuh atau rawat jalan itu ada 4 pasien di mana 1 masih pemantauan dialisis atau cuci darah," kata Pakar Nefrologi Anak RSUP Dr Sardjito Retno Palupi, Selasa (25/10/2022).

Menurut Retno, dari 4 pasien yang sembuh tersebut 2 di antaranya berasal dari DIY dan 2 sisanya dari luar DIY. Mereka sebelumnya telah menjalani perawatan medis selama kurang lebih 2 hingga 3 pekan.

Adapun indikasi kesembuhannya adalah fungsi ginjal yang sudah membaik dibanding sebelumnya. Bahkan, fungsi ginjalnya sudah bisa dikatakan mendekati normal.

"Misalnya normalnya 90 dia 89, jadi fungsi ginjalnya sudah jauh lebih baik dari pada waktu dia gagal ginjal akut di Rumah Sakit Sardjito," terangnya.

Retno melanjutkan, 1 dari 4 pasien yang sembuh sebenarnya masih dalam monitoring cuci darah. Namun pada saat kontrol hari kemarin, fungsi ginjalnya sudah berangsur-angsur membaik.

Pihaknya masih memonitor apakah masih diperlukan cuci darah lagi atau tidak. Sebab menurutnya ureum dan kreatininnya dari pasien berusia 13 tahun rujukan dari Jawa Tengah itu juga membaik.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:01
30:44
21:02
02:21
04:56
Viral