Salah satu penjual beras di Pasar Kotagede Yogyakarta, Senin (30/01).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Harga Beras Naik, Pemkot Yogyakarta Gelar Operasi Pasar Hingga Februari

Senin, 30 Januari 2023 - 22:25 WIB

Yogyakarta, DIY - Kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat masih terus terjadi di berbagai pasar tradisional di Kota Yogyakarta. Salah satunya harga beras yang mengalami kenaikan per kilogram hingga 2 ribu rupiah.

Di pasar Kotagede Yogyakarta, dalam sepekan ini harga beras jenis premium mencapai Rp12.167, atau mengalami kenaikan rata rata Rp 2000, per kilogram. Sementara untuk jenis IR2 kenaikan mencapai harga Rp 11.500, - atau naik sekitar Rp 900.

Kepala Dinas Perdagangan Pemkot Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani menyampaikan pihaknya akan melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga beras.

" Kita akan melakukan operasi pasar dan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Bulog. Operasi pasar akan dilakukan hingga bulan Februari mendatang, " ungkap Veronica, Senin (30/1/2023).

Ambar menjelaskan, kenaikan harga beras diperkirakan karena disebabkan permintaan yang meningkat sementara pasokan menurun. Hal itu imbas dari cuaca ekstrem yang melanda berbagai wilayah penghasil beras sehingga hasil panen petani tidak maksimal. 

Target operasi pasar yang akan digelar Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta yang menyasar di berbagai pasar tradisional yang ada di Kota Yogyakarta, termasuk di Pasar Kotagede hingga Pasar Beringharjo.

"Sasaran OP beras ini akan kita lakukan di pasar-pasar tradisional termasuk pasar Beringharjo," pungkas Ambar. (Nur/Buz) 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral