ILUSTRASI - Uang.
Sumber :
  • Antara/Reno Esnir

Surplus Transaksi Berjalan Indonesia Capai 4,3 Miliar Dolar AS pada Triwulan IV 2022

Senin, 20 Februari 2023 - 12:33 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Transaksi berjalan kembali mencatat surplus yang didukung oleh surplus neraca perdagangan barang yang tetap tinggi. 

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono mengatakan kinerja transaksi berjalan bersumber dari surplus neraca perdagangan nonmigas yang terjaga didukung oleh harga komoditas ekspor yang tetap tinggi.

"Selain itu, defisit neraca perdagangan migas menurun seiring dengan tren penurunan harga minyak dunia di tengah kecenderungan peningkatan kebutuhan bahan bakar pada periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan tahun baru," ujarnya melansir keterangan resmi, Senin (20/2/2023).

Adapun untuk defisit neraca jasa sendiri turut membaik karena ditopang kenaikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebagai dampak positif penyelenggaraan berbagai event internasional selama periode laporan dan pola musiman akhir tahun.

Kemudian, surplus transaksi berjalan juga ditopang oleh peningkatan surplus neraca pendapatan sekunder bersumber dari kenaikan penerimaan hibah pemerintah.

"Untuk defisit neraca perdagangan primer meningkat dipengaruhi oleh pembayaran imbal hasil investasi kepada investor asing yang meningkat sejalan dengan siklus bisnis dan tren kenaikan suku bunga," jelasnya.

Diketahui, transaksi berjalan kembali mencatat surplus sebesar 4,3 miliar dolar AS atau 1,3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) melanjutkan capaian surplus pada triwulan sebelumnya sebesar 4,5 miliar dolar AS atau 1,3 persen dari PDB. (agr/nsi)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral