Seorang petani di Desa Kalirejo Undaan Kudus menunjukkan hasil panen bawang merah (17/11/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Harga Bawang Merah Terjun di Titik Terendah, Petani Kudus Merana

Kamis, 18 November 2021 - 11:01 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Harga bawang merah di tingkat petani di Kudus, Jawa Tengah, anjlok menyentuh harga Rp.5000 perkilonya dari harga normal di kisaran Rp.11.000-Rp.15.000. Petani pun mengeluh lantaran penjualan bawang tak bisa menutup biaya tanam yang telah dikeluarkan.

Seperti yang dialami Zulianto, petani bawang merah di Desa Kalirejo Undaan Kudus. Menurutnya, harga bawang merah yang saat ini hanya dihargai Rp.5000 perkilonya membuat petani merugi lantaran hasil penjualan tak mampu menutup biaya operasional bercocok tanam yang telah dikeluarkan.

“ Petani sangat mengeluh sekali karena harga jual tak bisa mengembalikan modal, apalagi rugi juga biaya oprasional. Sebelumnya hanya anjlok di kisaran Rp 10.000 perkilonya, sekarang malah sampai Rp.5000 anjloknya” ungkap Zulianto saat ditemui di lahan pertanian bawang merah di Desa Kalirejo Undaan.
 

Zulianto menyebut, anjloknya harga bawang merah terjadi sejak 2 pekan lalu hingga saat ini harga terus alami penurunan mancapai Rp.5000 ditingkat petani. Menurutnya harga saat ini merupakan harga jual bawang merah terendah yang pernah dialami para petani bawang merah di Desa Kalirejo.

Petani menduga penyebab anjloknya harga bawang merah akibat stok bawang merah melimpah saat panen serentak di berbagai daerah. Namun kondisi tersebut justru membuat petani bawang mengalami kerugian cukup besar.

Petani berharap agar pemerintah segera turun tangan membantu menstabilkan harga bawang merah agar harga kembali normal dan petani tak lagi merugi.(Galih Manunggal/Buz)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral