Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • ANTARA

Menhub Ajak Masyarakat Beralih ke Kendaraan Listrik, Ini Alasannya

Minggu, 13 Agustus 2023 - 18:48 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Pemerintah mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik agar tercipta kualitas udara yang baik, khususnya di wilayah perkotaan seperti Jakarta.

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu (13/8/2023). 

"Kontribusi kendaraan bermotor bahan bakar fosil terhadap polusi udara itu lebih dari 50 persen. Terlebih masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas normal setelah pandemi COVID-19, akhirnya membuat polusi di Jakarta meningkat," kata Budi.

Hal itu disampaikannya saat memberi sambutan pada acara fun ride yang diadakan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) di Jakarta, Minggu.

"Oleh karenanya, kami mengajak masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik. Kalau penggunaannya menjadi masif, diharapkan dapat menurunkan polusi yang terjadi di kota-kota besar," lanjut Menhub.

Ia mengatakan bahwa industri sepeda motor listrik baik kendaraan baru maupun konversi terus diakselerasi oleh pemerintah.

Untuk menjaga aspek keselamatan motor listrik hasil konversi, Kementerian Perhubungan juga telah menerbitkan Permenhub Nomor PM 39 Tahun 2023 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral