Kepala Ekonom Bank Permata, Josua Pardede di Bogor, Jawa Barat, Senin (25/9/2023)..
Sumber :
  • Abdul Gani Siregar/tvOnenews.com

Ekonom Sebut Dampak El Nino Akan Terasa Tahun 2024, Sulit Capai Target Inflasi

Senin, 25 September 2023 - 18:23 WIB

BogortvOnenews.com - Kepala Ekonom Bank Permata, Josua Pardede mengatakan puncak dari El Nino atau fenomena kekeringan pada bulan September ini akan terasa dampaknya 6-9 bulan ke depan.

Dampak dari kekeringan ini pun dikatakan Josua akan mempengaruhi sulitnya mencapai target inflasi negara, yang dipatok pada angka 2,8 persen pada 2024.

“Asumsi inflasinya kan tinggi sekali di 2,8 persen jadi tentunya ini harus dicermati bersama bahwa ada tantangan khususnya datang dari inflasi domestik yang akan dipengaruhi oleh fenomena El Nino,” ujarnya, saat Media Gathering Kementerian Keuangan, Bogot, Jawa Barat, Senin (25/9/2023).

“Karena kalau kita melihat di sini sampai dengan bulan Agustus ini relatif terkendali dan kita harapkan sampai akhir tahun normalisasi dari inflasi harga diatur pemerintah juga akan kembali normal. Sehingga ada potensi inflasi tahun ini kemungkinan bisa sedikit di bawah 3 persen,” sambung dia.

Sementara itu, menurut kajian yang dia paparkan tantangan tahun depan karena dampak El Nino ini akan berdampak pada pangan berupa beras, gandum, dan lain-lain.

“Puncak dari El Nino ada kecenderungan tren inflasi pangan itu akan memuncak 6-9 bulan dari puncak El Nino itu terjadi. Untuk beberapa komoditas ada beras, gandum, gula, kopi, jadi ada lag tim cukup bervariasi dari beberapa kejadian El Nino sebelumnya,” jelas dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
02:23
03:15
01:19
06:20
02:53
Viral