Pemerintah Upayakan Penurunan Angka Kemiskinan di 2024, Begini Caranya….
Sumber :
  • Dok.Kemenkeu

Pemerintah Upayakan Penurunan Angka Kemiskinan di 2024, Begini Caranya…

Rabu, 27 September 2023 - 19:40 WIB

Jakarta, tvonenews.com – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan berkomitmen mengupayakan penurunan angka kemiskinan secara berkelanjutan melalui program perlindungan sosial (perlinsos). Jika tak ada aral melintang, pada tahun 2024 mendatang Kemenkeu menganggarkan dana Rp493.494,1 miliar untuk alokasi anggaran Perlinsos.

“Anggaran perlinsos pada tahun 2024 tersebut masih akan terus dioptimalkan untuk mendorong peningkatan kualitas SDM dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin dan rentan,” kata Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Keuangan, Putut Hari Satyaka, sebagaimana dikutip, Selasa (26/9/2023). 

Putut menambahkan, kebijakan anggaran perlinsos pada tahun 2024 akan diarahkan untuk enam prioritas utama, yakni: Pertama, Perbaikan basis data dan metode pensasaran dalam penentuan penerima manfaat program perlinsos maupun program pemerintah lainnya, antara lain melalui pemanfaatan.

Kedua, registrasi Sosial dan Ekonomi (Regsosek) dan pengembangan digitalisasi penyaluran manfaat dengan memanfaatkan teknologi sekaligus meningkatkan inklusi keuangan.

Ketiga, Mendorong konvergensi atau komplementaritas antarprogram, antara lain dengan memastikan keluarga miskin dan rentan pada desil 1 dan 2 memperoleh berbagai program perlinsos;
Keempat, mendukung penguatan perlinsos sepanjang hayat, antara lain melalui penguatan perlinsos untuk kelompok penyandang disabilitas dan lansia serta pembangunan perlinsos yang adaptif dan protokolnya dalam kondisi krisis; 

Kelima, memperbaiki desain dan kualitas implementasi perlinsos antara lain melalui reviu secara berkala besaran manfaat program perlinsos dan penyempurnaan mekanisme pelaksanaan program termasuk penyaluran manfaat; dan Keenam, mendukung penguatan graduasi dari kemiskinan melalui program pemberdayaan, antara lain seperti peningkatan akses ke permodalan melalui program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dan KUR serta peningkatan akses ke pekerjaan melalui program Prakerja dan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK).

Alokasi Perlindungan Sosial

Putut menambahkan bahwa, sebagian besar anggaran perlinsos tahun 2024 dialokasikan melalui Belanja Pemerintah Pusat (BPP) yang terdiri dari belanja K/L dan Non-K/L.  Anggaran perlinsos melalui K/L direncanakan sebesar Rp156.071,3 miliar.

Perinciannya yakni, pertama, Kementerian Sosial antara lain untuk penyaluran bantuan tunai bersyarat melalui  PKH bagi 10 juta KPM, bansos pangan sembako bagi 18,8 juta KPM, pelaksanaan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) anak sebanyak 38,4 ribu orang, ATENSI lansia sebanyak 32,6 ribu orang, ATENSI penyandang disabilitas sebanyak 53,8 ribu orang, dan ATENSI korban penyalahgunaan NAPZA dan ODHIV sebanyak 14,7 ribu orang.

Kedua, Kementerian Kesehatan untuk penyaluran bantuan iuran program JKN bagi 96,8 juta peserta PBI dan 49,6 juta peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) Kelas III.
Ketiga, Kemendikbudristek dan Kemenag untuk pelaksanaan PIP bagi 20,8 juta siswa dan Program KIP Kuliah bagi 1,0 juta mahasiswa. Dan keempat, BNPB untuk penyediaan Dana Siap Pakai Bencana.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral