Pedagang Bahan Pokok di Pasar Induk Tradisional Argosari, Wonosari, Gunungkidul Sedang Merapikan Minyak Goreng.
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Jelang Nataru Stok Bahan Pokok di Gunungkidul Aman, Namun Harga Sejumlah Komoditas Naik

Kamis, 25 November 2021 - 15:47 WIB

Gunungkidul, DIY - Dinas Perindustrian dan Perdagangan atau Disperindag Kabupaten Gunungkidul menyatakan bahwa stok sejumlah komoditas bahan pokok, menjelang liburan akhir tahun Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) masih aman, meski harga sejumlah komoditas mengalami kenaikan.

"Sejauh ini, untuk stok bahan pokok di Gunungkidul masih aman. Namun, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga cukup signifikan terjadi pada komoditas minyak goreng serta protein hewani," terang Sigit Haryanto, Kepala Seksi Distribusi, Disperindag Gunungkidul, Kamis (25/11/2021).

Sigit juga menyebut, selain minyak goreng,  harga telur ayam juga sempat mengalami kenaikan, tapi saat ini sudah mulai turun.

"Ya, ada yang naik selain harga minyak goreng, yaitu harga telur ayam. Telur ayam sempat menembus harga Rp 25.000,- per kilogram, namun saat ini mulai mendekati normal," imbuhnya.

Meski demikian, penurunan harga telur ini, tidak diikuti oleh minyak goreng. Untuk harga minyak goreng masih bertahan yaitu dari Rp 14.000,-  menjadi  Rp 18.000,-  per kilogram. Harga ini masih bertahan sampai saat ini, sehingga dinas terkait sempat mengadakan operasi pasar di empat Kapanewon di Kabupaten Gunungkidul.

"Mengenai tingginya harga minyak goreng yang sampai saat ini belum juga turun, kami terus melakukan pemantauan ke sejumlah pasar terkait, mengenai stok atau ketersediaan dan harga bahan pokok, kalau stok, kami jamin aman sampai Natal dan Tahun Baru mendatang," kata Sigit lagi. 

Sementara, kenaikan harga minyak goreng kemasan dampaknya sangat dirasakan oleh ibu rumah tangga dan pedagang makanan. Hal ini seperti yang dikeluhkan Giyarti, pedagang gorengan di kawasan Pasar Ngawu, Gunungkidul.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral