Kementerian Perhubungan memberangkatkan peserta mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
Sumber :
  • ANTARA

Sekitar 3.500 Warga Ikuti Mudik Gratis Natal-Tahun Baru, Pemerintah: Untuk Kurangi Angka Kemacetan

Sabtu, 23 Desember 2023 - 18:05 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Sekitar 3.500 warga ikut mudik gratis Natal-Tahun Baru yang disediakan pemerintah melalui kementerian perhubungan. Warga ikut mudik gratis untuk 11 kota tujuan di antaranya Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Surabaya, Kediri, Malang dan Madiun.

"Sebanyak 1.024 peserta mudik gratis diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan. Sedangkan, sebanyak 2.473 peserta mudik gratis dengan 63 bus saat ini juga akan diberangkatkan dari Terminal Pulogebang Jakarta Timur," kata Kasubdit Angkutan Perkotaan, Iman Sukandar, Sabtu (23/12/2023).

Adapun jumlah bus yang digunakan sebanyak 90 unit, yang terbagi menjadi sebanyak 27 bus diberangkatkan dari Terminal Kp. Rambutan dan 63 bus lainnya diberangkatkan dari Terminal terpadu Pulogebang.

Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Robby Kurniawan mengatakan mudik gratis digelar oleh Kementerian Perhubungan atas arahan langsung Presiden Joko Widodo.

"Ini adalah sebagai bentuk kepedulian dan kehadiran negara untuk memfasilitasi masyarakat, semoga tentunya program ini dapat bermanfaat dan juga dapat mendorong mengurangi tingkat kecelakaan yang akan terjadi selama masa Nataru," kata Robby. 

Dia menyampaikan apresiasi juga kepada semua pihak dan stakeholder dari Organda, TNI-Polri, Dinas Perhubungan dan semua yang terkait, yang telah mendukung dan melaksanakan melancarkan program Mudik Gratis ini dengan baik. 

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Suharto menambahkan bahwa penyelenggaraan Mudik Gratis Nataru ini baru kembali digelar setelah melalui masa Covid-19, karena memerhatikan hasil survei BKT. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral