Ekonom dan Pakar Kebijakan Publik, Achmad Nur Hidayat.
Sumber :
  • Istimewa

Ekonom Prediksi Harga Beras Bisa Melonjak Hingga Rp30 Ribu Perkilogram, Ini Penyebabnya!

Kamis, 29 Februari 2024 - 09:20 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ekonom dan Pakar Kebijakan Publik, Achmad Nur Hidayat memprediksi lonjakan harga beras akan terus mengalami kenaikan hingga Rp 30 ribu per kilogram.

Harga beras yang meningkat ini disebutnya menjadi potensi krisis yang tengah dihadapi masyarakat Indonesia di tengah kondisi ekonomi yang fluktuatif

Dosen UPN Veteran Jakarta ini mengatakan, peringatan tersebut bukan tanpa alasan.

Ia mendasarkan prediksi harga beras tersebut pada serangkaian faktor dan kebijakan bermasalah. Menurutnya, jika tidak segera ditangani, dapat memperburuk kondisi ketersediaan dan aksesibilitas beras bagi masyarakat luas.

"Salah satu penyebab utama yang dapat mendorong harga beras ke angka tersebut adalah kebijakan penggunaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk bantuan sosial menjelang Pemilu 2024," ujarnya dalam keterangan resmi, di Jakarta, Kamis (29/2/2024).


(Ekonom Prediksi Harga Beras Bisa Melonjak Hingga Rp30 Ribu Perkilogram, Ini Penyebabnya!)

"Peraturan Presiden Nomor 125 tahun 2022, yang mengalihkan tanggung jawab penyaluran bantuan pangan beras dari Kementerian Sosial kepada Badan Pangan Nasional dan Perum Bulog, telah menciptakan ambiguitas dalam peran Badan Pangan Nasional," sambung dia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral