Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.
Sumber :
  • tim tvOne/Julio Trisaputra

Antisipasi Kelangkaan dan Kenaikan Harga Pangan Jelang Ramadan dan Idulfitri, Mendagri Bongkar Langkah-langkah ke Pemda Kendalikan Inflasi di Daerah Masing-masing

Senin, 4 Maret 2024 - 18:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (Pemda) bisa memastikan bahan pangan tersedia jelang Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah, agar masyarakat tidak kesulitan dalam mendapatkan barang pokok.

Dia mengatakan upaya yang bisa dilakukan Pemda itu sangat penting untuk pengendalian inflasi secara nasional.

"Untuk itu, saya kira rapat kali ini terasa istimewa dibanding rapat-rapat hari Senin sebelum-sebelumnya, karena hari ini Bapak Kepala Badan Pangan ini mengundang semua stakeholder, baik di tingkat pusat maupun daerah,” kata Tito dalam keterangannya di Jakarta, Senin (4/3/2024).

Mendagri Tito menjelaskan dalam mengendalikan inflasi, Pemda didukung Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang dipimpin oleh masing-masing kepala daerah. Sementara di tingkat pusat, pemerintah juga memiliki Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP).

Tito berharap setelah mengikuti Rakor yang digelar Badan Pangan Nasional (Bapanas) tersebut, pemda dapat segera melakukan rapat dengan semua stakeholder termasuk para pengusaha untuk memperdalam berbagai isu yang dibahas.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), lanjut Mendagri, inflasi pada Februari 2024 secara year on year/yoy berada di angka 2,75 persen.

Dia melihat angka ini masih terbilang baik, karena pemerintah menargetkan inflasi pada 2024 berada di angka 2,5 persen, dengan angka paling rendah 1,5 persen dan tertinggi 3,5 persen. Angka tersebut dinilai seimbang karena menguntungkan produsen maupun konsumen.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:27
01:09
02:00
01:14
02:34
06:16
Viral