Marves Luhut Pandjaitan Groundbreaking TST-H2C di Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Syaren

Luhut Pandjaitan Groundbreaking Pusat Penelitian Herbal dan Holtikultura Berkelas Internasional

Kamis, 23 Desember 2021 - 22:00 WIB

Humbang Hasundutan, Sumatera Utara – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengunjungi lahan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK), sekaligus meletakkan batu pertama pembangunan Taman Sains Teknologi Herbal-Hortikultura Center (TST-H2C) di atas lahan sekitar 30 hektar di Pollung, Desa Aek Nauli, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Kamis (23/12/2021).

Luhut Pandjaitan mengatakan, dalam progresnya ke depan, Institut Tehnologi Del (IT-DEL), Universitas Sumatera Utara (USU) dan lainnya, diajak bekerja sama sebagai leading sektor. 
“Nanti di sinilah kita jadikan pusat penelitian herbal research center, karena Indonesia mempunyai sekitar 30.000 jenis herbal,” kata Luhut usai groundbreaking pembangunan Taman Sains Teknologi Herbal-Hortikultura Center.


Marves Luhut juga menjelaskan, nantinya di kawasan itu akan dilakukan penelitan bibit-bibit hortikultura berkualitas tinggi, seperti kentang, bawang putih dan bawang merah, juga tanaman lain seperti kopi, mangga, durian dan lain-lain. Selain itu, Luhut juga menyebutkan bahwa pemerintah saat ini merencanakan peternakan sapi di lokasi yang sama.


“Sehingga nanti kotoran dan air seni sapi bisa digunakan sebagai pupuk organik. Hal memungkinkan produk hortikultura dari lokasi ini adalah produk organik,” katanya.


Kemudian, lanjut Luhut, di lokasi tersebut juga akan berkonsep perhutanan sosial, di mana tanah atau lahannya akan dibagikan ke masyarakat dengan sertifikat.
“Tanah itu bisa diwariskan ke anak cucu, tapi tidak bisa diperjualbelikan dan pemanfaatannya hanya untuk pertanian tidak bisa dialihfungsikan,” tegasnya.


Karenanya, Menko Marves mengajak semua masyarakat untuk mendukung agar semua rencana bisa berjalan baik. Luhut juga menyambut baik inisiatif Institut Teknologi Del (IT-DEL) untuk membangun pusat penelitian herbal dan hortikultura di Sumatera Utara yang mendapat dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan memberikan ijin untuk mengelola kawasan hutan di kawasan itu.


Menko Luhut berharap, TST-H2C akan mampu mendukung pelaksanaan food estate di tingkat nasional, menjadi pusat riset genomics di Indonesia yang bertaraf internasional, menjadi pusat riset obat herbal di Indonesia. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:57
01:37
01:20
07:15
02:00
03:51
Viral