Menu dan suasana kebun ndesa di Warung Jegangan di Banyumas, Jawa Tengah..
Sumber :
  • tim tvOne - Sonik Jatmiko

Iseng Benahi Pekarangan Belakang Rumah, Malah Jadi Warung Favorit Bersantai

Minggu, 26 Desember 2021 - 14:49 WIB

Banyumas, Jateng - Siapa sangka berawal dari iseng bisa mencipta industri kreatif. Adalah Warung Jegangan di Desa Pernasidi, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

"Awalnya bersih-bersih kebun di belakang rumah. Beberapa sudut, saya tanami rumput dan dirikan satu gubug bambu sederhana. Teman dan kenalan yang datang malah betah duduk berlama-lama di sini," ujar Sopan Sunarofat, kepada tvonenews.com Minggu (26/12/2021) membeberkan awal mula warung berdiri .

Di tanah seluas kurang lebih 500 meter persegi, tertanam pohon khas desa, seperti duku, manggis, melinjo, durian, kelapa dan beberapa rumpun bambu betung membuat udara menjadi sejuk khas suasana desa. 

Rupanya, mereka yang datang ke sini, tambah Sopan, merasa betah karena seperti sedang bermain di kebun pada masa kecil.

Karena makin banyak orang yang datang, Sopan mencoba membuat sejumlah sudut menjadi fotogenik. Misalnya diberi ornamen anyaman bambu, gazebo sederhana, sejumlah tulisan nyentrik dan properti lain seperti bajak sawah, seperangkat pongkor atau tabung bambu penampung nira kelapa.

"Ternyata dari mulut ke mulut tersebar, yang datang makin banyak. Mau tak mau harus menyajikan sekedar minuman dan kudapan yang semuanya khas ndesa, seperti kacang rebus dan cimplung atau ubi yang direbus dalam air nira kelapa," beber Sopan.

Lalu mulai ada acara-acara kecil. Sekedar kumpul, arisan, atau menjadi titik finish para pegowes. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral