Modus Baru Penyeludupan, Emas Disamarkan Jadi Suku Cadang, Ini Penampakan Kompresor Udara Senilai Rp170 Miliar.
Sumber :
  • Hong Kong Customs and Excise

Modus Baru Penyelundupan, Emas Disamarkan Jadi Suku Cadang, Ini Penampakan Kompresor Udara Senilai Rp170 Miliar

Selasa, 9 April 2024 - 15:56 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Otoritas Bea Cukai Hong Kong menggagalkan upaya penyelundupan emas senilai 57 juta dollar Hong Kong, atau setara dengan 10,7 juta dollar AS, atau Rp170 miliar rupiah.

Dalam keterangannya, Otoritas Bea Cukai Hong Kong (Hong Kong Customs and Excise) menyebutkan, penyelundupan emas ini dilakukan dengan modus baru, yakni dengan menyamarkan emas dalam komponen suku cadang kompresor udara, yang awalnya akan dikirim ke Jepang.

"Sebanyak 146 kilogram emas telah dilebur dan disamarkan dalam dua kompresor udara di kargo dalam pesawat yang tengah diparkir di bandara," seperti dikutip dari Otoritas Bea Cukai Hong Kong yang dirilis Senin (8/4/2024).

Dalam foto yang dirilis, tampak bahwa emas telah dilebur dan dibentuk menjadi bentuk silinder dan beralur. Untuk menyamarkan emas, bagian luar dilapisi dengan cat. Namun, jika lapisan pelindung ini dilepas maka akan tampak emas di baliknya.

Menurut otoritas setempat, upaya penyelundupan ini merupakan kasus pertama dengan modus baru. Petugas menduga upaya penyelundupan dilakukan untuk menghindari pajak impor 10 persen yang berlaku di Jepang.

Jika berhasil, upaya penyelundupan ini setidaknya akan menghemat biaya tarif pajak impor senilai 1 juta dolar AS, atau sekitar Rp17 miliar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:49
02:12
02:08
01:01
19:40
00:44
Viral