ilustrasi - sejumlah alat berat mengangkut batu bara.
Sumber :
  • ANTARA

Keran Ekspor Batu Bara Indonesia Kembali Dibuka Bertahap Mulai Hari Ini

Rabu, 12 Januari 2022 - 08:39 WIB

Jakarta - Pemerintah kembali mengizinkan ekspor baru bara secara bertahap mulai hari ini Rabu (12/1/2022). Keputusan itu diambil lantaran pasokan cadangan batu bara untuk kelistrikan nasional sudah mulai membaik.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dalam keterangan persnya pada Senin (10/1) lalu, sejumlah kapal yang sudah memiliki muatan batu bara dan sudah dibayar pembeli diizinkan untuk diekspor.

"Per hari ini, melihat kondisi suplai PLN yang sudah jauh lebih baik, untuk 14 kapal yang sudah memiliki muatan penuh baru bara, dan sudah dibayar oleh pihak pembeli agar segera di release untuk dieskpor," ungkapnya.

Pemerintah akan mengevaluasi kembali pembukaan ekspor batu bara pada Rabu (12/1) lantaran ada beberapa hal yang perlu dipelajari oleh tim lintas kementerian/lembaga yaitu Kementerian Perdagangan, Kemenko Marves, Kementerian ESDM, dan PLN untuk diputuskan sebelum ekspor batu bara dibuka.

Pertimbangan tersebut antara lain terkait mekanisme ekspor dan pemenuhan Domestic Market Obligation (DMO) hingga ekspor untuk perusahaan batu bara yang tidak memiliki kontrak dengan PLN atau yang spesifikasi batu baranya tidak dibutuhkan PLN.

"Sehingga pada hari Rabu, jika pembukaan ekspor diputuskan, tetap akan dilakukan secara gradual (bertahap)," imbuhnya.

Selanjutnya, 14 hari sejak ekspor dibuka, seluruh kontrak batu bara untuk PLN (termasuk perusahaan listrik swasta/IPP) pada tahun 2022 sudah bisa dipastikan beserta dengan alokasi per bulan untuk masing-masing pemasok batu bara dan alokasi ke PLTU-nya. Pemenuhan atas DMO ini agar dievaluasi setiap bulan oleh Kementerian ESDM.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
04:18
06:43
Viral