Menparekraf Sandiaga Uno mengikuti prosesi Fang Sen atau pelepasan burung sejumlah 53 ekor di Desa Wisata Pecinan Glodok,.
Sumber :
  • ANTARA

Menteri Sandi Sebut Desa Wisata Pecinan Glodok Punya Daya Tarik Budaya dan Sejarah

Senin, 27 Juni 2022 - 13:38 WIB

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menilai Desa Wisata Pecinan Glodok di Jakarta Barat, Jakarta, memiliki potensi daya tarik wisata budaya dan sejarah mengingat terdapat akulturasi budaya dari Tionghoa, Sunda, Betawi, hingga Jawa.

“Kita sudah melihat berbagai pertunjukan tarian dari Betawi, wushu, dan lainnya. Desa ini memiliki storynomics, yaitu cerita yang akan mampu menarik wisatawan,” ujar dia saat di kawasan tersebut lewat keterangan resmi, Jakarta, Senin (27/6/2022).

Storynomics tourism merupakan pendekatan pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, dan menggunakan kekuatan budaya sebagai nyawa dari destinasi guna membangun interpretasi maupun imajinasi wisatawan atas sebuah objek wisata.

Desa Wisata Pecinan Glodok masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Di desa itu, terdapat bangunan yang memiliki arsitektur unik dan ornamen-ornamen China. Di antaranya Pancoran Chinatown Point, destinasi baru dan tempat strategis bersejarah di Pusat Kota yang memadukan bangunan hunian klasik-elegan dengan area komersial serta Citywalk dan mal tematik.

Ada juga Gang Gloria yang merupakan salah satu pusat jajanan di kawasan Pancoran-Glodok, lalu Petak Enam di Gedung Chandra Glodok dengan desain bernuansa China, seperti hiasan lampion merah dan ornamen-ornamen khas China.

Dari segi kesenian, desa wisata tersebut memiliki tanjidor, ondel-ondel, silat beksi, barongsai. Kemudian ragam budaya seperti Cap Go Meh, Candra Naya, dan Klenteng Toa Se Bio.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral