Patung Euro berdiri di depan bekas Bank Sentral Eropa di Frankfurt, Jerman, pada 13 Juli 2022..
Sumber :
  • Aptn

Nilai Tukar Euro Jatuh di Bawah Dolar Amerika Serikat. Apa Dampaknya?

Rabu, 24 Agustus 2022 - 10:50 WIB

Jakarta - Euro telah jatuh di bawah paritas dengan dolar, menyelam ke level terendah dalam 20 tahun. Ini adalah penghalang psikologis di pasar. Tapi psikologi penting, dan penurunan euro menggarisbawahi firasat di 19 negara Eropa menggunakan mata uang saat mereka berjuang dengan krisis energi yang disebabkan oleh perang Rusia di Ukraina.

Inilah penyebab penurunan euro terjadi dan apa dampaknya:

Apa Arti Paritas Euro dan Dolar?

Ini berarti mata uang Eropa dan Amerika memiliki nilai yang sama. Sementara terus berubah, euro telah turun tepat di bawah nilai US$1 minggu ini.

Nilai tukar mata uang dapat menjadi vonis pada prospek ekonomi dan Eropa telah memudar. Ekspektasi bahwa ekonomi akan mengalami rebound setelah berbelok dari pandemi COVID-19 telah digantikan oleh prediksi resesi.

Lebih dari segalanya, harga energi yang tinggi dan rekor inflasi yang harus disalahkan. Eropa jauh lebih bergantung pada minyak dan gas alam Rusia daripada AS untuk menjaga agar industri tetap berjalan dan menghasilkan listrik. 

Kekhawatiran bahwa perang di Ukraina akan menyebabkan hilangnya minyak Rusia di pasar global telah mendorong harga minyak lebih tinggi. Dan Rusia telah mengurangi pasokan gas alam ke Uni Eropa, yang digambarkan oleh para pemimpin Uni Eropa sebagai pembalasan atas sanksi dan pengiriman senjata ke Ukraina.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
12:46
04:24
01:47
06:16
02:03
Viral