Anggrek Macan.atau nama latin "Gramatophylum speciosum"..
Sumber :
  • Antara

Taman Anggrek Sri Soewedi Jambi Budidayakan Anggrek Macan

Kamis, 12 Oktober 2023 - 15:53 WIB

Jambi, tvOnenews.com - Pengelola Taman Anggrek Sri Soedewi yang berlokasi di kawasan perkantoran Telanaipura, Kota Jambi, membudidayakan jenis tanaman anggrek langka dan unik yakni anggrek macan dengan nama latin "Gramatophylum speciosum”.

"Dari berbagai jenis tanaman anggrek yang menjadi koleksi kami, kini petugas taman anggrek ini sedang membudidayakan jenis anggrek macan agar bisa terus lestari dan terawat," kata Koordinator Satuan Kerja Taman Anggrek Sri Soedewi, Asmaeni di Jambi, Kamis (12/10/2023).

Dipilihnya anggrek macan menjadi prioritas dalam pembudidayaan di taman anggrek yang pengelolaannya oleh TP PKK Provinsi Jambi itu, karena jenis ini terunik yang motifnya seperti macan yang ada di Taman Anggrek Sri Soedewi Jambi.

Asmeni juga mengatakan, tanaman hias anggrek macan ini berasal dari Bukit 12, Kabupaten Sarolangun dan di Taman Anggrek Sri Soedewi jenis tersebut terus dikembangkan sebagai hasil produk lokal yang masih terdapat di alam liar di hutan seperti Kabupaten Merangin, Kerinci, Sarolangun, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.

Biasanya tanaman anggrek diambil di hutan Jambi kemudian dibudidayakan dan dikoleksi di Taman Anggrek Sri Soedewi terletak di Jl Jendral Ahmad Yani, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Di taman anggrek Jambi ini jenis yang sedang dibudidayakan yaitu anggrek tanah, anggrek hybrida dan anggrek alam dimana untuk species tanaman anggrek tanah terbagi lagi jenisnya yaitu vanda douglas, magie owie dan jim story.

Sedangkan anggrek hybrida memiliki delapan species yaitu little star, charry baby, catelya mini, vanda gantung, bulan, cattelea, golden shower, lansianum.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral