Alumni ITB.
Sumber :
  • Ist

Alumni ITB Ajak Pemerintah, Akademisi dan Pelaku Usaha Bicarakan Dampak AI

Minggu, 31 Desember 2023 - 19:08 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Pada hari Rabu (27/12/2023), Komunitas Discordia mengadakan diskusi berjudul 'AI: Big Push or Big Trouble' di Titik Temu Café SCBD dengan pembicara Seterhen Akbar Suriadinata (Founder Labtek Indie), Ivan Sugiarto Widodo (Praktisi Bisnis IT) dan Hanief Adrian (Sekjen RMPG) dengan moderator Fariz Ariyadi dengan tujuan menghasilkan sebuah alternatif solusi kebijakan negara tentang pengembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk kepentingan publik.

Diskusi tersebut juga turut dihadiri para akademisi seperti pakar robot ITB Dr. Augie Widyotriatmo, pakar komunikasi krisis Dr. Sudarto, dan Direktur Eksekutif IA-ITB Jakarta Stanno Yudha Putra, Ketua Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) DKI Jakarta Adhamaski Pangeran, dan para penggiat dari kalangan muda Jakarta.

Pakar robotic ITB Augie menyoroti pentingnya pemahaman yang kritis terhadap AI, terutama dalam konteks akurasi dan pengambilan keputusan. 

“AI tidak dapat dikatakan 100% tepat, contohnya ketika AI diperintahkan mendeteksi gambar mobil, ketika tidak ada gambar mobil dan AI menyatakannya ada disebut 'true negative'. Namun, jika AI gagal mendeteksi mobil yang ada, ini menjadi 'false negative',” ungkap alumni lulusan Teknik Fisika ITB tersebut

Augie menekankan lebih lanjut bahwa AI adalah data-driven, di mana output sangat bergantung pada input data. Jika data yang dimasukkan salah, maka AI pun akan salah dalam membuat kesimpulan. 

“Problem seperti ini menimbulkan pertanyaan etis dan akurasi yang harus selalu dikaji,” jelas alumni doktor lulusan Pusan National University.

Ditanya tentang kontribusi yang bisa diberikan komunitas AI untuk pemerintah, Augie menyarankan perlunya solusi komprehensif dari tataran aturan atau etika agar AI tetap maju. Beliau juga menekankan pentingnya kontribusi positif dari individu dalam penggunaan AI untuk meminimalisir penyalahgunaan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:02
01:08
01:37
08:47
05:04
01:52
Viral