Warga Surabaya ciptakan robot yang dapat layani warga saat Isoman.
Sumber :
  • tvone

Canggih, Pasien Isoman di Kampung Tembok Gede Dilayani Robot

Kamis, 29 Juli 2021 - 14:36 WIB

Surabaya, Jawa Timur – Upaya pencegahan dan penanganan pasien Covid-19 di kampung Tembok Gede, Surabaya, Jawa Timur kini dibantu oleh sebuah robot yang mampu dikendalikan dari jarak jauh.

Robot multiguna itu dirakit khusus bagi warga Tembok Gede untuk bisa melakukan sejumlah tugas, diantaranya menyemprotkan disinfektan, membawa barang dan memberi pengumuman bagi warga dan pasien Covid-19 yang tengah isolasi mandiri.

Robot dengan tinggi hampir 185cm itu dinamakan Delta, terinspirasi dari varian virus Covid-19 asal India dengan nama serupa.

Uniknya Delta dibuat dari barang-barang yang biasa ditemukan di rumah, seperti penanak nasi elektronik yang digunakan sebagai kepala robot, pot bunga sebagai penyangga kaki, monitor komputer sebagai badan robot, tangan yang dibuat dari pipa paralon, serta mobil mainan remote control yang dijadikan alat penggerak robot.

"Robot ini terbuat dari barang-barang bekas jadi intinya untuk mencocokkan barang satu dengan yang lain untuk membentuk suatu robot, yang betul-betul sesuai dengan karakter dan kebutuhan itu agak sulit, tapi alhamdulillah walaupun sederhana tapi bisa bermanfaat untuk masyarakat kami," tutur Aseyan selaku pengendali Delta sekaligus ketua RT setempat.

Delta merupakan buah kreasi seorang warga setempat yang ingin berkontribusi dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Anang Darmawan sang kreator, tergerak merakit Robot Delta karena sulitnya mencari tenaga bantuan dalam menangani Covid-19.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral