Pasar terapung Muara Kuin.
Sumber :
  • via Wikipedia/Hulivili

3 Pasar Tertua di Indonesia, Ada yang Berusia 400 Tahun

Senin, 23 Mei 2022 - 21:10 WIB

Pasar tertua di Indonesia ternyata menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas. Kini, selain menjadi pusat perbelanjaan, pasar-pasar tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Menurut laporan Direktori Pasar dan Pusat Perdagangan 2020, setidaknya terdapat 16.235 pasar rakyat yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari sekian banyak pasar tersebut, ada beberapa yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Berikut 3 pasar tertua di Indonesia yang menarik untuk kita bahas.

1. Pasar Tanah Abang

Pertama adalah Pasar Tanah Abang. Pasar ini hadir sejak 30 Agustus 1735 yang berlokasi di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pasar Tanah Abang pertama kali dibangun oleh Yustinus Vinck atas izin dari Gubernur Jendral Abraham Patramini. Awalnya pasar ini bernama Pasar Sabtu karena hanya buka pada hari Sabtu.

Sebelum sebesar dan selengkap sekarang, pasar Sabtu ini khusus menjual tekstil dan barang kelontong. Namun kini pasar Tanah Abang menjelma menjadi pusat grosir tekstil terbesar di Asia Tenggara yang dihuni ribuan pedagang dan kios.

Kawasan pasar Tanah Abang ini sendiri terbagi atas tiga gedung. Gedung-gedung tersebut biasa disebut Tanah Abang Lama, Tanah Abang Metro, dan Tanah Abang AURI.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:06
03:25
02:07
06:34
01:19
00:55
Viral