Ilustrasi: Menulis.
Sumber :
  • Pixabay

9 Cara Menjadi Penulis yang Lebih Baik Dari Sebelumnya

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:38 WIB

Cara menjadi penulis yang lebih baik dari sebelumnya bukanlah hal yang mustahil. Banyak orang yang bisa menulis, tapi tidak banyak yang bisa menulis dengan baik, sehingga tidak sedikit penulis yang berhenti karena merasa sulit berkembang.

Padahal solusinya sederhana, yaitu konsisten. Berikut 9 cara yang perlu kamu lakukan dengan konsisten untuk menjadi penulis yang lebih baik dari sebelumnya,

1. Benar-benar menulis
Jika kamu ingin menjadi penulis yang baik, pastikan kalau kamu memang benar-benar menulis. Jangan dulu bicara soal menulis kalau kamu belum pernah mencoba menulis sama sekali.

Syarat pertama jika kamu ingin menjadi penulis yang lebih baik dari sebelumnya adalah, kamu sebelumnya sudah pernah menulis. Jika belum, cobalah untuk memulai dengan tulisan-tulisan sederhana.

2. Bacalah apa saja
Penulis yang baik adalah seorang pembaca yang baik. Maka dari itu bacalah semuanya, terutama yang terkait dengan topik atau genre tulisanmu. Hal ini membantu kamu memiliki banyak referensi ketika menulis.

Jika kamu tidak pernah membaca, materi tulisanmu akan sangat terbatas. Kamu akan kesulitan untuk mengembangkan tulisan-tulisanmu. Dengan terus membaca, kamu bisa menjadi penulis yang terus berkembang dari hari ke hari.

3. Eksperimen
Setiap penulis pasti punya ciri dan gaya penulisannya masing-masing, kamu pun demikian. Namun, jangan puas hanya sampai di situ.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral