Meminum Air Kelapa Menetralkan Vaksin?.
Sumber :
  • Unsplash

Minum Air Kelapa Dapat Hilangkan Efek Vaksin? Ini Faktanya

Senin, 6 September 2021 - 21:33 WIB

Jakarta - Selama ini kita selalu mengenal bahwa air kelapa dapat membantu menetralisir racun ataupun bahan kimia berbahaya.

Berangkat dari anggapan tersebut, banyak orang yang akhirnya percaya jika meminum air kelapa dapat menghilangkan atau menetralisir efek dan fungsi vaksin, terutama vaksin Covid-19.

Namun ternyata anggapan tersebut tidaklah benar. Menurut Dokter Ahli Dalam, Edy Hidayat vaksin bukanlah racun sehingga air kelapa tidak akan menghilangkan fungsi dan efek dari vaksin.

"Fenomena ramai-ramai minum air kelapa untuk mencegah fungsi vaksin itu sebaiknya dihentikan. Karena fungsi vaksin yang masuk ke dalam tubuh itu tetap ada," kata Edi Hidayat.

Hal senada juga diutarakan oleh juru bicara program vaksinasi COVID-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Lucia Rizka Andalusia. Menurutnya vaksin bukanlah racun sehingga konsumsi air kelapa tidak akan berefek apa-apa.

Air kelapa justru mengandung banyak elektrolit yang berguna untuk mendukung keseimbangan cairan tubuh. Sementara itu, vaksin mengandung senyawa yang dapat memicu terbentuknya antibodi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Keduanya sama-sama mendukung kesehatan tubuh dan bukan saling menghilangkan efek satu sama lain.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral