Pengujung Pemandian Air Soda Tarutung Tapanuli Utara.
Sumber :
  • Tim tvOne

Sensasi Mandi Air Soda Tarutung yang Hanya Ada di Indonesia dan Venezuela

Minggu, 12 September 2021 - 16:58 WIB

Tapanuli Utara – Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara mempunyai tempat pemandian yang unik dan langka. Lokasinya di Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung yang berjarak sekitar satu kilometer dari pusat kota.

Untuk sampai ke lokasi akses jalannya memang tidak begitu mulus untuk dilintasi, sempit di antara rumah-rumah penduduk. Namun pemandian ini akan mudah Anda temukan, karena berada di pinggir jalan. Kolam pemandian air soda ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari luar daerah maupun mancanegara.

Diketahui juga, bahwa sebelum jadi tempat wisata, warga setempat sudah lebih dulu menggunakannya untuk pemandian sehari-hari. Pemandian ini dibuat bagai kolam renang, dengan kedalaman sekitar 1,6 meter di bagian tengah kolam. Nah, jika Anda berkunjung dan bercebur ke kolam ini, akan melihat muncul buih-buih air berwarna putih yang tak henti-hentinya di pinggiran kolam dari kedalaman.

Opzz…tunggu dulu. Anda harus berhati-hati juga ya saat akan menceburkan diri ke dalam kolam. Sebab, ada banyak batu besar untuk pijakan. Ketika sudah berada di kolam, tubuh Anda nanti terasa dicubit-cubit oleh air soda tersebut. Jadi, kali ini buih-buih soda yang biasanya sering kita lihat di dalam botol soda, sudah bisa kita lihat langsung di kulit.

Kemudian, pemandian ini tidak dingin lho..tapi hangat. Jadi, waktu terbaik untuk berendam di sini adalah saat pagi hari dan sore hari. Itu makanya, udara Tarutung yang dingin membuat siapa pun yang berendam di kolam ini akan betah berlama-lama di kolam air soda ini. Namun, begitu Anda keluar dari kolam ini, dipastikan menggigil.

 “Iya, airnya terasa hangat ke tubuh," kata Juniwan wisatawan asal Kabupaten Tapanuli Tengah, Minggu.

Ia mengatakan, datang bersama teman-temannya menikmati pemandian air soda ini. Konon menurut informasi yang ia dapat, mandi di kolam ini bisa menyembuhkan penyakit gatal-gatal pada kulit, dan manfaat lainnya yang dirasakan.  

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:09
01:56
01:27
00:49
01:46
Viral