Keindahan Lotus di Rana Tonjong, Manggarai Timur, NTT.
Sumber :
  • Jo Kenaru

Satu-satunya di Indonesia, Teratai Raksasa Ada di Manggarai Timur

Kamis, 16 September 2021 - 12:44 WIB

Manggarai Timur, NTT- Lautan utara Flores tampak biru pekat di siang hari. Panorama aduhai membuai nitra ketika menjejak aspal yang melintasi perbukitan gersang tepi pantai utara Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

Memakan waktu empat jam dari kota Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai, perjalanan mengikuti rute jalan pantai utara Manggarai Timur memang melelahkan. Hati-hati berkendara di sini sebab jalurnya banyak tikungan tajam serta tanjakan.

Namun di ujung tujuan, rasa letih serentak sirna oleh panorama danau penuh teratai tersembul di dasar perbukitan hijau sisi utara Kelurahan Pota, Kecamatan Sambi Rampas.

Teratai dengan nama latin Victoria amazonica ini punya warna khas bunga yakni pinkish atau campuran warna merah muda dan putih. Teratai raksasa ini berbunga selama April hingga akhir Mei.

Setelah bulan Mei, masih ditemukan banyak tersisa bunga dan bonggol berisi bijian-bijian mirip kacang tanah yang enak dimakan.

Dalam bahasa lokal, danau teratai ini disebut Rana Tonjong. Rana berarti danau, sedangkan Tonjong sebagai personifikasi biji bunga yang oleh warga lokal diyakini sebagai obat sakit lambung.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral