Lontong sayur khas Boyolali di warung makan Gopir, Boyolali, Jawa Tengah..
Sumber :
  • tim tvOne/Agus Saptono

Ajib...Lezatnya Lontong Sayur Khas Boyolali

Minggu, 26 September 2021 - 14:26 WIB

Boyolali, Jawa Tengah – Selain dikenal sebagai kota susu, Boyolali juga punya kekayaan kuliner dengan cita rasa khas. Salah satunya adalah lontong sayur. 

Meski bukan masakan tradisional khas boyolali, namun menu lontong yang diguyur kuah opor ditambah sejumlah sayuran sangat nikmat sebagai menu sarapan ataupun makan siang.
 
Lontong sayur bisa anda jumpai di sejumlah warung makan di boyolali. Namun lontong sayur yang cukup terkenal ada di warung makan gopir, yang berada di kampung Susiloharjo, kelurahan Siswodipuran, Boyolali.
 
Lontong sayur tidak berbeda jauh dengan lontong opor, yang membedakan hanya cara penyajiannya. Pada lontong sayur, potongan lontong tidak hanya diguyur kuah opor saja, tapi juga ditambah masakkan khas boyolali, yakni sambal goreng koyor dan sayur labu jepang.
 
Tidak hanya itu,  untuk menambah cita rasa dan aroma, lontong sayur juga ditaburi bubuk kacang dan bawang goreng.

Rasanya yang gurih sedikit pedas karena perpaduan kuah opor dengan bumbu rempah dan sambal goreng koyor sangat cocok untuk sarapan maupun makan siang.
 
Dwi jayadi, sang pemilik warung menu lontong sayur mengatakan bahwa ini merupakan menu baru di warungnya. “Lontong sayur disini berbeda dengan lontong sayur yang lain, karena disini dipadukan dengan masakan khas boyolali yaitu cara memasaknya menggunakan bumbu rempah rempah,” kata dwi jayadi.
 
Satu porsi lontong sayur harganya sangat terjangkau yaitu Rp10 ribu. Dalam sehari warung gopir mampu menjual lebih dari 50 porsi lontong sayur.
 
Bayu, salah satu pecinta kuliner dari Solobaru mengatakan, cita rasa lontong sayur di warung makan Gopir memang mempunyai ciri khas sendiri.

"Nikmat dan enak disantap, apalagi ditambah bumbunya yang terasa hingga dalam sayur," kata dia. (Agus Saptono/ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral