Ilustrasi - Kucing Peliharaan.
Sumber :
  • Antara Foto

Pencinta Kucing Harus Lakukan "Steril" Demi Kesehatannya

Rabu, 22 Februari 2023 - 15:05 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Steril kucing bukan hanya bisa mengontrol populasi kucing tapi juga baik untuk kesehatannya. Bahkan, langkah ini sangat dianjurkan jika populasi kucing sudang tak terkendali. Dengan begitu, hewan peliharaan akan terurus dengan baik karena populasinya terkendali.

Steril kucing merupakan salah satu upaya untuk mengkontrol populasi kucing, khususnya kucing-kucing liar di luaran sana. Dianjurkan (steril) jika populasi kucingnya sudah tidak dapat tertampung atau tidak terurus,” jelas Dokter hewan dari Institut Pertanian Bogor sekaligus anggota Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) drh. Trima Naimmah, Rabu (22/2/2023).

Steril kucing merupakan tindakan pengangkatan organ reproduksi agar kucing tersebut tidak bisa menghasilkan keturunan. Tindakan ini pun bisa dilakukan baik pada jantan maupun betina.

Meski demikian, upaya melakukan steril hewan peliharaan masih menjadi perdebatan di tengah masyarakat, baik yang pro dan kontra di masyarakat. Sebab, tindak tersebut dianggap kurang memihak pada kesejahteraan hewan.

Meski masih banyaknya perdebatan di tengah masyarakat soal langkah steril hewan peliharaan, khususnya pada Kucing, Trima menjelaskan lebih lanjut bahwa steril hewan juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat besar.

Menurutnya, upaya steril bisa mengurangi resiko stres akibat musim kawin, terutama pada kucing jantan. Selain itu, steril juga bisa mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih pada hewan. Selain itu, steril juga menahan keinginan kucing untuk mencari kucing betina.

“Beberapa manfaatnya antara lain bisa mengurangi faktor stres akibat musim kawin, terutama untuk kucing jantan yang suka kelahi rebutan betina. Dengan di steril akan mengurangi naluri untuk mencari hewan betina, sehingga terhindar dari perkelahian,” ujar Trima.

“Kemudian, steril juga bisa mengurangi frekuensi pipis sembarangan bagi kucing jantan (menandai wilayah teritori). Biasanya kucing jantan suka sekali spraying atau menandai wilayah kekuasaannya dengan air kencing. Lalu, bisa juga mengurangi terjadinya infeksi saluran kemih, khususnya yang sering terjadi di kucing jantan,” sambungnya.

Steril kucing, lanjut, Trima, juga bisa menghidari hewan peliharaan dari penyakit kelamin atau infeksi rahim. (ant/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral