Waspada! Kebiasaan Buruk yang Tak Disadari dan Justru Bisa Bikin Anda Kena Kanker Kelenjar Getah Bening.
Sumber :
  • istockphoto.com

Waspada! Kebiasaan Buruk yang Tak Disadari dan Justru Bisa Bikin Anda Kena Kanker Kelenjar Getah Bening

Jumat, 24 Maret 2023 - 22:17 WIB

tvOnenews.com - Kanker kelenjar getah bening atau limfoma merupakan jenis kanker darah yang paling sering terjadi, baik pada usia tua ataupun anak muda.

Dilansir dari American Society of Hematology, menyebutkan bahwa sekitar setengah dari kasus kanker darah yang terjadi setiap tahun adalah limfoma atau kanker getah bening.

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma adalah kanker yang menyerang sistem limfatik, yaitu bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi. 

Waspada! Kebiasaan Buruk yang Tak Disadari dan Justru Bisa Bikin Anda Kena Kanker Kelenjar Getah Bening. Source: istockphoto.com

Limfoma ini dapat memengaruhi bagian mana pun dari sistem limfatik, termasuk kelenjar getah bening, amandel, limpa, kelenjar timus, usus, dan sumsum tulang.

Namun, tahukah Anda apa sebenarnya penyebab dari penyakit kanker kelenjar getah bening, dan faktor risiko penyakit kanker kelenjar getah bening.

Pola hidup yang buruk merupakan salah satu faktor risiko penyebab terjangkitnya seseorang terhadap penyakit kanker kelenjar getah bening. 

Gaya hidup seperti merokok, konsumsi daging merah, lemak hewani, obesitas, dan kurangnya gerak menjadi salah satu risiko terkena limfoma.

Penyebab kanker kelenjar getah bening atau limfoma?

Dilansir dari laman hallosehat, limfoma merupakan jenis kanker darah yang berkembang dalam sel darah putih bernama limfosit. 

Sel limfosit tersebar di dalam sistem limfatik dan berperan dalam melawan infeksi pada tubuh. 

Adapun sistem limfatik sendiri, berada di seluruh bagian tubuh manusia yang terdiri dari kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang, dan kelenjar timus.

Penyebab utama terjadinya limfoma atau kanker kelenjar getah bening ini adalah mutasi atau perubahan genetik pada sel limfosit. 

Mutasi genetik inilah yang menyebabkan sel limfosit berkembang secara abnormal dan tidak terkendali.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral